Analisis Kadar Lemak

Pengamatan kali ini mengenai analisis kadar lemak yaitu berupa beberapa bahan antara lain Lemuru, bakso ikan, dan ikan patin

Bakso ikan merupakan produk olahan yang memiliki bentuk umu yakni bulat. Bakso adalah produk pangan yang dibuat dari bahan utama berupa daging yang dilumatkan, dicampur dengan bahan lain, dibentuk bulatan dan selanjutnya direbus (Sari 2004)

Berdasarkan hasil pengamatan, didapat kadar lemak bakso ikan pada basis basah dan basis kering didapat berturut-turut sebesar -0,02% dan -0,68% pada ulangan ke-1, sedangkan pada ulangan ke-2 didapat hasil 0. Namun literatur yang didapat pada bakso untuk kadar lemak sebesar 7,09%. Hal ini dapat disebabkan oleh banyaknya kandungan lemak yang menguap sehingga didapat hasil yang negatif.

Ikan lemuru merupak ikan yang hidup di peraiaran asin atau laut. ikan lemuru yang digunakan pada pengamatan berupa spesies Sardinella longiceps. Hasil data yang didapat pad ikan lemuru pada kadar lemak basis basah dan basis kering berturut-turut sebesar 2,20% dan 6,71%. pada literatur kadar lemak pad ikan lemuru sebesar 8,14%. Hal ini dapat disebebkan oleh beberapa faktor antara lain ukuran, umur ikan, lingkungan, biologi, dll.

Ikan patin yang digunakan pada pengamatan berupa Pangasius hipophthalamus. Ikan patin hidup di perairan air tawar. Kadar lemak pada ikan patin sebesar 1,09%.  Menurut Sari (2004) ikan yang memiliki kadar lemak di atas 2% termasuk ikan yang berlemak

Daftar Pustaka

Sari, Y.F. 2004. Perubahan Mutu Bakso Ikan Patin yang diradiasi dengan Sinar Gamma (°°Co) Selama Penyimpanan. [skripsi]. Departemen THP, FPIK-IPB.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s